Ketika teringat hendak membeli "Buah Tangan" atau "Oleh Oleh" khas Bandung, jangan lupakan yang satu ini yaitu Kripi...
Ketika teringat hendak membeli "Buah Tangan" atau "Oleh Oleh" khas Bandung, jangan lupakan yang satu ini yaitu Kripik Maicih"... Kripik berasal dari Singkong dan dibumbui beberapa Level pedas yang mengoda dari Level 1 sampai Level 10 yang pedasnya "Wueedann Tenan"...!!
Bagaimana dan apa itu "Keripik Maicih", mari kita simak sejarah keripik Maicih sebagai berikut ini:
Sejarah Keripik MAICIH
Pertengahan 2010, nama Dimas Ginanjar Merdeka mulai dikenal banyak orang. Bob Merdeka, sapaan akrabnya, mendirikan Maicih, brand keripik pedas yang jadi pelopor makanan ringan pedas di Bandung, Jawa Barat. Tak membutuhkan waktu lama, keripik pedas Maicih milik Bob Merdeka ini terpilih menjadi The Hot Snack 2011 oleh majalah Rolling Stone Indonesia.
Awalnya, Bob Merdeka tidak punya strategi khusus pada saat memulai usaha ini. Fokusnya hanya menjual keripik pedas seunik dan sekreatif mungkin. Keripik singkong pedas yang jadi makanan favorit masa kecilnya pun, ia sulap menjadi produk berkelas yang siap bersaing dengan produk lainnya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial.
Keripik pedas Maicih dilambangkan oleh sosok nenek ramah yang bersahaja. Ia mulai dikenal banyak orang lewat media sosial Twitter dengan akun @maicih. Bob Merdeka memang mengandalkan Twitter untuk mempromosikan keripik pedas Maicih-nya. Lewat tagar #maicih yang begitu popular di microsite ini, distribusi dan promosi pun dilakukan. Akun @maicih yang resmi dibuat bulan Oktober 2010 ini kemudian mengukuhkan konsep jualan keripik pedas ini. Sukses bergerilya jualan via Twitter, kini keripik pedas Maicih sudah bisa dinikmati semua penggemarnya di seluruh Indonesia.
Seiring dengan perkembangan waktu, sosok Maicih pun semakin mendapat porsi lebih di kalangan penggemarnya. Meski ia hanya tokoh fiktif, namun Bob Merdeka berhasil mengembangkan karakter Maicihyang bersahaja, hangat, dan selalu up to date terhadap segala hal, termasuk seni, terutama seni dan budaya Sunda.
Lewat brand keripik pedas Maicih ini pula, Bob Merdeka juga punya satu misi untuk melestarikan budaya Sunda. Bagi Maicih, konsep memadukan budaya Sunda adalah sebuah tanggungjawab yang seharusnya bisa dipikul bersama warga Parahyangan. Maka dari itu, Bob selaku penggagas Maicih pun secara konsisten mengadakan kegiatan yang melibatkan seniman Sunda, seperti karinding, jaipongan, wayang golek, dan seni Sunda lainnya.
Kepedulian Maicih tak sebatas pada seni budaya Sunda saja, tapi juga pada seniman yang lahir dan berkembang di tatar Sunda. Salah satu contohnya adalah dengan mendukung beberapa band yang berasal dari Bandung, kota kelahiran Maicih. Dukungan ini dilakukan Maicih karena Bob Merdeka sadar betul kalauMaicih lahir karena inspirasi nyata dari kekayaan budaya lokal.
Logo Pertama pada tahun 2010
Perubahan Logo pada tahun 2011
Logo Terbaru hingga saat ini.
Sumber: Official Web Maicih
Ditulis ulang oleh
Bro Fey